Monday 4 December 2017

STRATEGI BELAJAR DAN MENGUASAI MATEMATIKA

Sebagian besar orang mengatakan dan beranggapan bahwa Matematika itu adalah salah satu ilmu pengetahuan yang paling sulit dipahami dan sulit dimengerti. Tidak heran banyak kalangan yang berusaha mencari dan mengembangkan  inovasi pembelajaran matematika, agar proses pembelajaran dan hasil belajar matematika peserta didik sesuai dengan hasil yang diharapkan. Dalam hal ini peran guru sangat dominan, karena setiap inovasi pembelajaran yang dikemas oleh berbagai pihak yang berkepentingan harus bisa dilaksanakan dan dikembangkan dalam praktik pembelajaran di kelas.

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah berusaha mengubah mindset pendidik dari pola pembelajaran Teacher Center menjadi Student Center, artinya peserta didik bukan lagi objek pembelajaran tetapi peserta didik merupakan pelaku atau subjek pembelajaran. Pada tahap awal ketika pembelajaran yang dikemas oleh guru sudah dapat diterima oleh peserta didik maka peran serta peserta didik sangat diperlukan dalam penguasaan konsep dan materi lebih lanjut, sehingga peserta didik mampu mengembangkan konsep atau materi yang disampaikan guru agar lebih berprestasi.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh peserta didik agar kompetensi matematika mengalami peningkatan, yaitu :

1. Tidak Menganggap Sulit Matematika

Jika dalam angan-angan kita matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan maka akan berimbas malas belajar dan berpikir, kemampuan otak menjadi tidak berkembang dan beban berat belajar matematika semakin bertambah. Berpikirlah bahwa matematika itu mudah, sederhana dan praktis.

2. Mencoba dan Terus Mencoba

Jangan berhenti mencoba memahami dengan sering mengerjakan soal, agar pikiran kita familier dengan angka maupun permasalahan matematika karena belajar adalah proses maka membutuhkan waktu yang cukup dan  kita jangan buru-buru mengambil kesimpulan tidak mampu jika kita mengalami kesulitan. Jika belum bisa bukan berarti kita tidak bisa, coba lagi dan coba lagi ...!

3. Berkumpul dan Bergaul dengan Teman Pembelajar Matematika

Dengan sering berkumpul dan bergaul dengan sesama teman pembelajar matematika, maka konsistensi belajar matematika peserta didik akan terjaga karena setiap saat peserta didik dapat melakukan diskusi permasalahan matematika dengan sesama teman. Ketika ada kesulitan bisa langsung didiskusikan dengan sesama teman sebelum disampaikan kepada guru.

4. Matematika bukan Sebatas Rumus Melainkan Konsep Pembelajaran yang Rasional.

Terkadang pehaman tentang matematika hanya sebatas rumus, tanpa memahami konsep rasional yang ada di dalamnya. Jika kita bisa memahami konsep rasional dalam matematika, maka kita akan lebih mudah mengingat bahkan menghafal rumus ataupun bentuk - bentuk matematika yang mungkin selama ini dianggap sulit.

Itulah beberapa hal yang mungkin  dapat dilakukan oleh peserta didik agar kemampuan matematikanya mengalami peningkatakan. Dan penulis yakin masih banyak cara - cara lain yang dapat dijadikan pedoman atau strategi dalam penguasaan matematika.

Semoga bermanfaat .... Terima kasih !


No comments:

Post a Comment